NAMA: ERIC PRADITYA
NPM: 202146500135
Berpikir Diverging dan Konvergen
Pemikiran desain atau pemikiran konseptual atau logis berhasil. Desain adalah bagian dari divergensi dan konvergensi solusi. Berpikir berbeda berarti berpikir bebas dan ekspansif, mengeksplorasi ide sebanyak-banyaknya. Misalnya: membuat peta pikiran
Berpikir konvergen, yaitu berpikir sistematis, memusatkan dan mempertimbangkan gagasan yang paling efektif dan efisien. Misalnya membuat logo yang terinspirasi dari mood board atau dikembangkan dari pemikiran out-of-the-box.
Pertama, kita berpikir secara berbeda dari yang khusus ke yang umum untuk mencipta. Lalu kita masuk ke poin kedua. Pada bagian kedua berkembang dan akhirnya kita membuat creative brief yang memberikan titik acuan yang akan mempengaruhi mind map yang kita buat nantinya. peta utama. Tinjauan tentang kreativitas kemudian tampak menyatu. Konvergensi ini dikunci dalam penulisan kreatif yang dijelaskan di awal kemudian diringkas menjadi konsep-konsep pokok yang akan disampaikan, contoh liku-liku dan cara-caranya, apa itu gaya visual, bagaimana struktur pemikirannya? Cara pemasaran yang akan dilakukan merupakan hasil dari konvergensi atau model yang dibuat. Kedua, kemudian tahap ketiga atau pola ketiga berbeda lagi, setelah kita memiliki struktur untuk sebuah karya tulis, kita mengembangkannya lagi dengan bentuk-bentuk yang ada di vignette.break sambil mengikuti sebanyak mungkin karakter visual, lalu membangun lebih banyak lagi. , dan seterusnya. Selanjutnya kita kemudian fokus lagi pada fase akhir, dimana mencari solusi yang tepat atau terbaik adalah pertimbangan yang matang antara konstruksi kreatif thumbnail mood board utama Mapping Matriks hingga terciptanya alternatif yang merupakan hasil konvergensi yang benar-benar Anda lakukan. .
Berfikir konvergen dan divergen sama-sama dibutuhkan dalam proses merancang/desain
Proses kreatif desain
Proses merancang
Terdapat 5 tahapan:
Emphatize :Memahami apa yang dialami dan yang diharapkan oleh pengguna melalui cara mengobservasi , interaksi ke situasi pengguna
Define : mengidentifikasi masalah dengan menggunakan sudut padat pengguna
Prototype :membuat purwarupa rancangan
Test : menguji coba rancangan yang dibuat
Semua tahapan ini saling bertaut,
Ada tambahan beberapa tahapan menurut Ambrose dan harris
Select : memlih lagi sebuah opsi yang sudah dirancang
Implemet : menerapkan rancangan pada permasalahan rill
Learn : melakukan refleksi dan mengambil pelajaran dari rancangan yang sudah di buat
Kesimpulan
Cara kita mencoba berpikir divergen dan konvergen lalu menciptakan proses desain yang kreatif, itulah proses yang biasa dilakukan dalam desain. Semua ini saling bergantung dan tidak dapat dipisahkan. Dengan mempelajari pemikiran desain, kita memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang cara berpikir logis dalam desain.
Komentar
Posting Komentar